Pemasaran bisnis kini tidak lagi menggunakan cara konvensional seperti membagikan brosur atau reklame dipinggir jalan. Namun saat ini promosi bisnis bisa dilakukan dengan mudah dan cepat salah satunya adalah dengan menggunakan digital marketing yang memanfaatkan hadirnya social media dan internet. Tiktok menjadi salah satu platform yang tengah naik daun dengan merilis Tiktok for Business.
Apa itu Tiktok for Business
Jutaan pengguna aktif yang dimiliki oleh tiktok dan banyaknya konten video yang tersebar menjadikan platform ini sebagai tempat yang tepat untuk promosi bisnis untuk menjaring lebih banyak konsumen. Dengan memiliki akun tiktok for business tentunya akan membuat bisnis anda terlihat profesional dimata konsumen. Melalui layanan tiktok for business, seller juga bisa memanfaatkan berbagai fitur yang dimiliki agar bisa menjaring konsumen yang tepat. Selain itu, pengguna juga bisa mendaftarkan akun tiktok business untuk menggunakan tiktokshop dimana buyer dapat belanja dengan mudah melalui akun anda tanpa perlu mengakses akun marketplace yang dimiliki.
Step Memulai Tiktok for Business
Tiktok tidak hanya menjadi tempat untuk mencari hiburan semata namun dengan berkembangnya pengguna aktif yang dimiliki saat ini menjadikan tiktok tempat yang cocok untuk melakukan promosi. Berbagai brand besar baik didalam negeri maupun luar negeri juga berbondong bondong untuk membuat akun Tiktok sebagai media promosi dan juga menarik brand awareness konsumen.
Berikut langkah membuat akun Tiktok for Business :
Pertama, buka google play store atau appstore tergantung dari jenis handphone yang digunakan kemudian unduh aplikasi tiktok.
Kedua, tunggu beberapa saat hingga aplikasi tiktok sudah terinstall dengan sempurna
Ketiga, mulai buat akun tiktok menggunakan email khusus bisnis atau sambungkan dengan social media yang dimiliki seperti twitter atau facebook.
Keempat, setelah proses registrasi selesai maka isilah berbagai informasi profil yang dimiliki dan pastikan terisi semua agar tiktok bisa melakukan optimasi terhadap akun anda dengan algoritma tiktok yang dimiliki.
Kelima, jika semua identitas profil telah dilengkapi maka anda bisa mengubah akun pribadi menjadi akun bisnis dengan klik titik tiga yang ada dipojok kanan kemudian pilih manage account
Keenam, klik ubah ke pro account dan pilih antara bisnis atau creator. Jika anda ingin menggunakan tiktok sebagai tempat promosi usaha yang dimiliki maka bisa memilih bisnis, akan tetapi jika ingin menggunakan platform sebagai ekspresi diri yang lebih profesional maka bisa pilih creator, setelah memilih kategori yang diinginkan maka klik next.
Ketujuh, pilih kategori yang sekiranya cocok dengan bisnis anda, dengan memilih pilihan yang sesuai makan akan membantu optimasi akun tiktok for business yang dimiliki serta bisa menyasar konsumen yang tepat dan sesuai.
Kedelapan, jangan lupa untuk menambahkan website dan email yang dimiliki. Apabila tidak memiliki keduanya maka anda bisa mencantumkan url akun social media dan juga marketplace yang dimiliki.
Kesembilan, akun tiktok for business anda selesai dibuat dan anda bisa melakukan promosi di akun tiktok for business yang dimiliki.
Strategi Marketing Yang Tepat
Agar strategi marketing yang dirancang menghasilkan tujuan yang diinginkan berikut beberapa langkah mudah dalam menyusun rencana marketing yang tepat.
- Ketahui Penggunaan Tiktok, mengetahui berbagai layanan yang ditawarkan di akun tiktok for business. Dengan mengetahui fitur yang terdapat di tiktok for business maka pengguna dapat membuat berbagai konten video yang menarik dan juga menambahkan berbagai fitur yang ada ke dalam video. Tidak hanya itu, penggunaan fitur yang dipilih dapat mempengaruhi algoritma tiktok sehingga juga dapat membantu menaikan engagement akun dan juga insight akun tiktok. Cara yang bisa dilakukan untuk mengenal tiktok lebih dalam ialah dengan mempelajari video yang viral FYP recommendation, bermain dengan filter, efek dan fitur edit yang dimiliki.
- Pahami Algoritma Tiktok, beberapa lagoritma tiktok sebaiknya dipelajari dan dipahami oleh pengguna adalah informasi tentang pengguna, video, serta pengaturan akun dan perangkat. Dengan memahami berbagai fitur algoritma yang ada tentunya akan memudahkan pengguna berbagai faktor yang membuat konten tiktok yang dimiliki banyak penonton.
- Pelajari Mengenai Influencer, beberapa influencer yang terkenal pun saat ini tidak hanya menguasai tiktok namun juga merambah ke industru yang lebih besar seperti televisi, endorsement dan juga bisnis. Pengaruh influencer yang kuat ini bisa anda manfaatkan dengan mempelajari bagaimana kreator tersebut membuat konten yang menarik dan tidak pasaran serta membosankan serta bagaimana cara berinterkasi dengan konsumen.
- Identifikasi Audience, sebelum membuat konten ditiktok tentunya pengguna sebaiknya mengetahui kalangan konsumen yang disasar. Dengan mengetahui range umur, konten kesukaan dan juga jam aktif audience maka akan membantu konten tiktok anda mendapatkan lebih banyak penonton serta membuat konten yang sesuai dengan minat konsumen anda. Sebagian besar pengguna di Tiktok sendiri berasal dari kalangan remaja dan juga gen Z yang aktif mengakses berbagai konten video dengan handphone yang ada ditangan.
- Ketahui Kompetitor, banyaknya kompetitor di tiktok yang tentunya telah memiliki lebih banyak pengguna dan juga pelanggan tentunya tidak perlu dijadikan anda minder dan berfikir berlebihan mengenai pengembangan akun tiktok for business anda nantinya. Namun hal ini bisa digunakan untuk menganalisa berbagai konten viral yang digunakan oleh kompetitor dan bagaimana cara mereka merespon konsumen yang ada dikolom komentar. Dengan cara ini pengguna bisa mengetahui kelemahan dari kompetitor tersebut dan bisa dijadikan celah yang bisa anda manfaatkan dengan baik sehingga anda bisa bersaing secara sehat dengan kompetitor tersebut.
- Buat Tujuan Yang Sesuai, dalam membuat konten promosi maka anda sebaiknya melihat isi dari konten tersebut sebelum mengunggahnya, apakah video tersebut sudah dapat digunakan untuk meningkatkan brand awareness atau promosi produk yang akan dirilis. Jika isi konten sudah sesuai dengan tujuan anda maka bisa mengunggahnya di akun tiktok for business yang dimiliki.
- Rancang Kalender Konten, kejenuhan akan konten yang sama tentunya akan membuat penonton atau pengikut lama kelamaan mengurangi intensitas menonton video yang tentunya akan berdampak pada engagement dan insight konten serta akun yang dimiliki. Agar tidak membuat konten yang sama setiao harinya maka anda bisa membuat kalender konten yang berguna untuk menentukan tema video apa saja yang diunggah hari ini.
Optimasi Profile Tiktok
Optimasi profil tiktok akan membantu menaikan algoritma tiktok sehingga konten anda dapat menjangkau penonton yang tepat sehingga bisa lebih mudah viral. Didalam akun tiktok for business terdapat beberapa identitas profil yang harus dilengkapi sebelum memulai mengunggah video diantara nya adalah :
- Photo Profile
- Buat Bio Singkat Namun Menarik
- Pilih URL yang Sesuai
Buat Konten Menarik
Dalam membuat berbagai konten, anda bisa meliat referensi dari video yang tengah viral sehingga bisa diaplikasikan ke akun anda. Saat membuat konten anda bisa menggabungkan dengan berbagai efek, filter, lagu dan suara yang sedang viral sehingga membantu menaikkan engagement konten termasuk dalam algoritma tiktok. Pastikan juga kualitas video memiliki kualitas yang baik dan memiliki audio yang jelas. Anda juga bisa menggunakan fitur lain seperti duet, stitch atau reply comment yang membantu meningkatkan interaksi.
Manfaatkan Tiktok Ads
Penggunaan tiktok ads ini tentunya berguna untuk mempromosikan akun anda ke konsumen yang sesuai sehingga bisa mendapatkan lebih banyak pengikut lebih cepat. Dengan menggunakan layanan tiktok ads maka anda bisa memilih jam serta jadwal tayang konten iklan anda serta menentukan biaya iklan yang dikeluarkan sehingga masih sesuai dengan budget yang dimiliki.
Itulah beberapa tips & trik cara memanfaatkan tiktok for business untuk promosi produk anda. Jika anda belum memiliki produk jangan khawatir dengan jasa maklon herbal & minuman serbuk PT GRA Herbalindo Utama anda sudah bisa memiliki produk dengan nama brand anda sendiri tanpa harus repot repot memikirkan produksi dan perizinan karena semua proses manufakturnya sudah di handle oleh tim kami.